Pantai wisata religi di dusun Pancer, Kecamatan Pesanggaran yang jadi jujugan keluarga dan pasangan muda-mudi..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Eksplore Wisata Alam Religi di Banyuwangi, Coba Datang ke Pantai ini!

Senin, 24 Juli 2023 - 17:26 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Bagi pecinta wisata alam, religi atau yang sedang kasmaran, Pantai Gumuk Kancil bisa menjadi pilihan. Karena, destinasi wisata di lingkungan Pulau Merah, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, ini bukan hanya menawarkan eksotisme alam perawan.

Namun, tempat ini juga menyuguhkan mitos Nyi Roro Kidul hingga diyakini memiliki tuah melanggengkan hubungan asmara. Jadi, bagi para dua sejoli, wajib untuk mengunjungi pantai dengan hamparan pasir putih ini.

Slamet Haryanto, pengelola destinasi Pantai Gumuk Kancil menyampaikan, nama pantai diambil dari nama gundukan batu atau gumuk (bukit dalam Bahasa Jawa) di lokasi pantai, yakni Gumuk Kancil.

Bukit di tengah hamparan tanah pasir itu diyakini pernah disinggahi seorang maharesi dari Kerajaan Tarumanegara. Sebuah kerajaan yang terletak di tepi Sungai Citarum, Jawa Barat, pada abad ke-4 Masehi. Dan pada saat pembukaan lahan, leluhur masyarakat setempat sering menjumpai sosok binatang kancil berkaki tiga.

“Ketika dikejar larinya ke arah bukit, lalu tiba-tiba menghilang. Dari situ akhirnya bukit ini dinamakan Gumuk Kancil,” kisahnya.

Pemuda yang akrab disapa Herodes ini juga menceritakan kisah mistis lain dari Gumuk Kancil. Diantaranya, bukit batu tersebut diyakini sebagai pintu dimensi efektif ketika seseorang hendak berkomunikasi dengan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Maka jangan heran, destinasi wisata di bibir pantai selatan ini banyak didatangi para spiritual.

Yang tak kalah menarik, Gumuk Kancil juga memiliki tuah untuk pasangan muda mudi yang sedang dimabuk cinta. Konon, dengan berdoa disini, hubungan bisa langgeng.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:18
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
Viral