Kebun Raya Mangrove Surabaya.
Sumber :
  • sandi irwanto

Jelang Diresmikan Megawati, Warga Medokan Ayu Berharap Dilibatkan Kelola Wisata Kebun Raya Mangrove

Selasa, 25 Juli 2023 - 16:34 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Medokan Ayu berharap Pemerintah Kota Surabaya melibatkan mereka dalam pengelolaan Kebun Raya Mangrove, Surabaya, jelang kedatangan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarno Putri, yang akan meresmikan Kebun Raya Mangrove, pada Rabu besok (26/7).

Sekretaris Pokdarwis Medokan Ayu, Subardi menjelaskan, Pokdarwis Medokan Ayu merupakan kelompok masyarakat yang terdiri dari penduduk setempat, sekitar kawasan hutan mangrove Medokan Ayu. Pokdarwis Medokan Ayu menyadari potensi wisata alam yang dimiliki oleh lingkungan mereka dan berkomitmen untuk menjaga keaslian ekosistem mangrove sambil mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan.

“Mengenai seberapa besar porsi yang diberikan oleh Pemkot Surabaya kepada pokdarwis terkait pengelolaan wisata, itu terserah kebijakan Pemkot Surabaya,” ujar Subardi.

Subardi mengungkapkan, Pokdarwis Medokan Ayu sebelumnya mengelola parkir namun kemudian sekarang dikelola oleh Dinas Perhubungan. Di area kuliner, Subardi berharap yang menjual makanan merupakan warga Medokan Ayu.

“Jangan sampai ada warga di luar Medokan Ayu, sebab sebelumnya pernah kejadian dimana kami menemukan pedagang bukan dari warga kami,” ujar Subardi.

Karena itu, Pokdarwis Medokan Ayu mendorong warga untuk turut mengembangkan wisata ini dengan usaha kuliner maupun usaha kerajinan yang menjual produk khas daerah.

“Dengan demikian, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam mangrove, tetapi juga dapat merasakan cita rasa khas dari masyarakat setempat,” katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral