materi buku agama di MTs dan MA diduga menyimpang.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Materi Buku Agama di MTs dan MA di Sampang, Madura, Diduga Menyimpang, Ini Rincian Bukunya

Senin, 7 Agustus 2023 - 11:39 WIB

Sampang, tvOnenews.com - Puluhan buku fiqih dan aqidah akhlak, untuk mata pejalaran tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA) ditemukan oleh Lembaga Dakwah MWC NU Kedungdung, Kabupaten Sampang, terdapat kesalahan, menyimpang dari ajaran Ahlusunnah Waljamaah. 

Temuan penyimpangan tersebut diketahui setelah dilakukan proses kajian buku fiqih dan aqidah akhlak sejak tahun 2021 lalu yang tersebar di sekolah MTs dan MA.

Diantara kurikulum yang diduga terdapat kesalahan dan menyimpang, buku yang diterbitkan oleh Erlangga diketahui 24 kesalahan, buku terbitan Kemenag RI dengan 18 kesalahan, kemudian terbitan Kemendikbud RI ada 13 kesalahan, dan dalam buku penerbit Tiga Serangkai ditemukan 13 kesalahan.

Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PC NU Sampang, H Malik mengungkapkan, kajian itu dilakukan setelah ada laporan sekitar kurang lebih 50 temuan tentang buku ajar fiqih di madrasah. Atas dasar kesalahan tersebut, pihaknya akan melakukan beberapa langkah, salah satunya berkoordinasi dengan PCNU Sampang bahwa temuan ini sudah dikaji.

"Termasuk akan melaporkan ke pihak terkait, dalam hal ini Kemenag RI, Kemendikbud, Erlangga dan pihak penerbit buku tersebut. Tuntutan kami ini agar kesalahan dari kajian itu secepatnya diperbaiki, karena ini adalah konsumsi umat. Jadi kalau salah dalam anjuran beribadah, maka akibatnya sangat fatal,” ucap. 

Lanjutnya, maka dari itu, pihaknya mendorong Kemenag RI dan Kemendikbud secepatnya melakukan koordinasi dengan pihak penerbit buku. 

"Jika buku-buku itu tidak segera ditarik secara keseluruhan, pihaknya khawatir, buku yang sama itu diterbitkan lagi pada tahun ajaran yang akan datang," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral