Nasi Goreng Krawu Kuning.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Bikin Ngiler! Gurihnya Nasi Goreng Krawu Kuning dengan Taburan Serundeng di Sidoarjo

Rabu, 9 Agustus 2023 - 17:25 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com – Siapa yang tak kenal dengan nasi krawu? kuliner khas Gresik ini cukup memiliki banyak penggemar hingga ke luar daerah asalnya. Namun di salah satu hotel di Sidoarjo, nasi krawu di kolaborasi dengan nasi goreng bumbu kuning lengkap dengan ayam suwir, kering tempe, dan serundeng.

Executive Chef salah satu hotel di Sidoarjo, Rizky Maulana mengatakan, melalui menu tersebut dirinya ingin melestarikan hidangan Nusantara agar mampu bersaing dengan hidangan khas western dan chinese yang menjadi alternatif pilihan bagi pengunjung hotel bintang 3 di Sidoarjo.

"Mayoritas hidangan di hotel itu kalau gak masakan western ya masakan chinese. Nah disini saya ingin melestarikan hidangan Nusantara sebagai pilihan alternatif melalui menu tersebut," ucap Rizky, Rabu, 9 Agustus 2023.

Cara membuatnya pun tak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Namun bedanya Rizky menggunakan kunyit sebagai pewarna kuning alami. Dicampur dengan bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan kemudian ditumis dengan minyak secukupnya. Jika aroma bumbu sudah tercium sedap, tambahkan nasi putih dan aduk hingga rata menggunakan api sedang.

"Nasi krawu kan identik dengan rasa pedas. Nah, nasi goreng ini kalau pedas pasti enak. Akhirnya saya coba bikin ternyata banyak yang suka. Bagi pengunjung yang suka pedas, bisa request sesuai selera pedasnya," imbuhnya usai memasak nasi goreng krawu kuning.

Tak jauh berbeda dengan nasi krawu khas Gresik, hidangan nasi goreng krawu kuning disajikan lengkap dengan ayam suwir, kering tempe, irisan telur dadar, kerupuk, dan serundeng.

Serundeng sendiri terbuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga kuning kecoklatan dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral