Pembersihan sampah massal.
Sumber :
  • happy oktavia

Perangi Sampah, Banyuwangi Pasang 100 Jaring Penghalang Sungai

Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:17 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Genderang perang terhadap sampah terus ditabuh Pemkab Banyuwangi. Sebanyak 100 jaring penghalang ditargetkan terpasang di setiap sungai di kabupaten ini. Kegiatan ini menggandeng salah satu lembaga swadaya asal luar negeri.

Saat ini, sedikitnya 23 jaring penghalang telah terpasang. Rata-rata di sungai yang berdekatan dengan laut. Tujuannya, mencegah masuknya sampah ke lautan. 

“Apa yang dilakukan lembaga Sungai Watch menjadi hal penting bagi kita. Soal sampah tidak hanya tempat pengolahan sampah, namun bagaimana kita bijak memproduksi sampah. Apalagi dibuang ke kali atau selokan yang larinya ke sungai, patut kita cegah mulai sekarang,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Selasa (22/8).

Pihaknya menggandeng lembaga pencegahan sampah ini agar persoalan sampah sungai di Banyuwangi bisa tertangani dengan cepat. Saat ini, lembaga ini sudah melakukan pembersihan di sejumlah aliran sungai. Mulai Kecamatan Srono, Genteng hingga Pesanggaran. Bulan ini, targetnya 30 jaring penghalang bisa terpasang di sejumlah sungai.

Di setiap titik jaring yang terpasang, setiap harinya menghasilkan hingga 600 kilogram sampah. Bahkan, ada satu titik yang dekat dengan kawasan penduduk sampahnya bisa tembus dua kwintal. Sampah yang terjaring ini dikumpulkan, lalu dibawa ke gudang pengolahan di Kecamatan Bangorejo. Dalam gudang, sampah dipilah dan dicuci. Lalu, diproses lebih lanjut. 

“Saat ini pengolahan di Banyuwangi masih terbatas faktor peralatan. Sebagian sampah ada yang dikirim ke Bali untuk diproses secara maksimal,” kata Manajer Sungai Watch Banyuwangi, Suhardiyanto. (hoa/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
23:20
01:42
10:39
02:06
01:02
00:50
Viral