Pemkab Trenggalek Gelar Pameran Pusaka dari Masa Kerajaan.
Sumber :
  • tvOne - aris sutikno

Edukasi Sejarah, Pemkab Trenggalek Gelar Pameran Pusaka dari Masa Kerajaan

Kamis, 24 Agustus 2023 - 12:10 WIB

Trenggalek, tvOnenews.com — Ratusan benda pusaka nusantara dari masa kerajaan hingga kemerdekaan dipamerkan di Gedung Bhawarasa, Kabupaten Trenggalek. Pameran benda pusaka ini untuk memperingati HUT RI ke-78 dan hari jadi Trenggalek ke-829.

Jumlah keris yang di pamerkan mencapai 121 lebih pusaka. Mulai keris, pedang, tombak dan kujan di pamerkan.

Ketua Dewan Pelestarian Pusaka Tosan Aji dan Benda Antik Trenggalek, Bekti Hari Suwinto mengatakan, aneka pusaka yang dipamerkan merupakan peninggalan dari berbagai masa, mulai dari zaman kerajaan Buddha hingga pusaka yang dibuat pada masa setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pameran ini di gelar selama tiga hari, dengan tujuan supaya anak zaman sekarang tidak melupakan sejarah,"ucapnya, Kamis (24/8).

Selain itu, kegiatan pameran pusaka juga sekaligus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat maupun pelajar terhadap sejarah maupun perkembangan benda-benda pusaka yang ada di Indonesia dari masa ke masa.

"Untuk yang di dalam gedung semuanya hanya di pamerkan dan tidak untuk di jual, kalau yang di luar gedung itu semua di jual," imbuhnya.

Pengenalan tersebut penting dilakukan agar generasi penerus bangsa mengetahui dan mau melestarikan warisan leluhur yang memiliki nilai seni maupun sejarah yang tinggi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral