Warga datangi Syahbandar Pelabuhan Masami.
Sumber :
  • happy oktavia

Pelabuhan Perikanan Mandek, Warga di Banyuwangi Datangi Syahbandar

Kamis, 24 Agustus 2023 - 17:39 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Fenomena sepinya pelabuhan perikanan swasta di Desa Ketapang, Banyuwangi, berbuntut. Merasa resah, sejumlah warga sekitar pelabuhan mendatangi Syahbandar Pelabuhan Perikanan Masami, Kamis (24/8). Mereka menanyakan penyebab pelabuhan yang baru empat bulan beroperasi ini berubah sepi, ditinggalkan kapal ikan.

Aksi warga berlangsung spontan. Mereka bereaksi setelah mendengar pelabuhan perikanan di wilayahnya terancam gulung tikar. Apalagi, sejak pelabuhan berhenti dilabuhi kapal, pendapatan mereka ikut terdampak. 

"Warung-warung sepi. Kontribusi dari pelabuhan ke kelompok masyarakat juga ikut mandek," keluh Abdullah, Ketua Paguyuban Warga Selogiri usai mendatangi Syahbandar.

Warga mendengar jika kapal ikan yang selama ini bersandar di pelabuhan swasta Masami diarahkan ke Pelabuhan Tanjungwangi yang sebelumnya pelabuhan kapal umum. 

"Kalau semua kapal ikan diarahkan ke Pelabuhan Tanjungwangi, bagaimana nasib kami. Apalagi, terancam gulung tikar," keluhnya lagi.

Warga berharap aktivitas pelabuhan perikanan swasta ini bisa kembali normal. Sebab, dampaknya sangat dirasakan warga sekitar. Ikut membuka peluang ekonomi. 

"Informasi dari Syahbandar, pengalihan sandar kapal ikan ini hanya sementara. Penyebabnya katanya faktor cuaca yang menyulitkan kapal. Harapannya, situasi kembali normal,” tegas Abdullah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral