Pembongkaran tugu perguruan silat.
Sumber :
  • m habib

Patut Ditiru, Perguruan Silat di Gresik Ini Pilih Bongkar Sendiri Tugu Perguruan Secara Sukarela

Jumat, 25 Agustus 2023 - 15:15 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Patuhi imbauan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov Jatim) dan surat edaran dari Kapolda Jawa Timur, sebuah perguruan silat di Gresik, mulai melakukan pembongkaran sendiri tugu perguruan silatnya secara sukarela, dengan melibatkan sejumlah anggotanya.

Adapun salah satunya yang telah membongkar sendiri tugu perguruan silatnya itu Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti. Masa perguruan tersebut, dengan secara sukarela membongkar sendiri tugu perguruan yang berada di Dusun Dukuh, Desa Brangkal, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. 

Pembongkaran tugu perguruan itu dipimpin langsung oleh Ketua IKSPI Cabang Gresik M Jefri Andriawan Susilo, beserta puluhan anggotanya dari ranting Balongpanggang dan ranting Benjeng. Diketahui selama ini, tugu berwarna merah berlambang perguruan silat itu berdiri di tanah negara. Pembongkaran secara sukarela ini sebagai wujud taat aturan dan menjadi warga negara yang baik.

Menurut M Jefri Andriawan Susilo, demi melaksanakan dan sebagai warga negara yang baik dengan tetap melaksanakan peraturan maupun perintah yang diintruksikan oleh lembaga negara.

"Pembongkaran tugu perguruannya sebagai wujud serta pengorbanan dalam melaksanakan edaran yang telah diberikan melalui surat perintah Kapolda dan Gubernur Jawa Timur. Bukan atas tekanan maupun perintah dari pihak manapun di luar lembaga negara,” tutur M. Jefri pada awak media, Kamis (24/8).

M.Jefri mengaku, meskipun berat hati pihaknya tetap berjiwa besar untuk membongkar tugu dengan tangan mereka sendiri. Dengan harapan langkah ini bisa dicontoh perguruan silat lain, khususnya jajaran IKSPI di seluruh Kabupaten Gresik.

“Kami bongkar tugu ini dengan tangan kami sendiri. Ini kami lakukan dengan tetap mengedepankan kepentingan negara dan membuang segala kefanatisme dalam jiwa kami,” tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral