puluhan petugas Rutan Situbondo dites urine.
Sumber :
  • tim tvone - heri sampurno

Hindari Penyalahgunaan Narkoba, Puluhan Petugas Rutan Situbondo Dites Urine

Senin, 28 Agustus 2023 - 14:31 WIB

Situbondo, tvOnenews.com - Untuk menghindari penyalahgunaan narkoba di lingkungan Rutan Kelas 2B Kabupaten Situbondo, puluhan petugas menjalani tes urine. Selain untuk mengetahui kondisi petugas lapas bebas narkoba, kegiatan ini juga dalam rangka menciptakan lingkungan Lembaga Pemasyarakatan bersih narkoba.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Situbondo Rudi Kristiawan, tidak hanya untuk staf saja tetapi Kasubsie, Ka KPR hingga Karutan juga ikut menjalani tes urin. Total keseluruhan 25 orang pegawai Rutan Situbondo dites urine, Senin (28/8).

"Tujuan diadakannya kegiatan tes urine pada petugas ini, guna meningkatkan kewaspadaan kami terkait adanya penyalahgunaan narkotika di dalam Rutan. Alhamdulillah dari hasil tes urine hari ini, diketahui bahwa seluruh pegawai yang dites berstatus negative atau tidak terbukti mengkonsumsi narkoba," ujar Rudi.

KaRutan mengatakan berdasarkan instruksi dari Dirjen Pemasyarakatan, tes urine seharusnya diadakan secara berkala setiap minggu. Tidak hanya untuk warga binaan tetapi juga untuk petugas Lapas/ Rutan. Apabila ada yang kedapatan positif menggunakan narkoba, KaRutan akan menindak tegas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KaRutan menegaskan, tidak ingin petugas lembaga pemasyarakatan sebagai garda terdepan dalam fungsi pembinaan pemasyarakatan terlibat dalam penyebaran narkotika dan obat - obatan terlarang.

"Apabila ditemukan petugas Rutan Situbondo positif mengkonsumsi narkoba, maka akan kami lakukan pembinaan termasuk penindakan secara tegas baik dalam tugas maupun jabatan,," ujar Rudi. (hso/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral