Latihan Bersama Super Garuda Shield Tahun 2023.
Sumber :
  • hery sampurno

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Corps Commanding General Lt Gen Brunson Buka Latihan Bersama Super Garuda Shield Tahun 2023

Jumat, 1 September 2023 - 08:53 WIB

Situbondo, tvOnenews.com - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Corps Commanding General Lt Gen Brunson, membuka Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Shield Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Pusat Latihan Tempur Marinir 5 Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Kamis (31/8).

Latihan ini diikuti dari Negara Indonesia, USA, Australia, Jepang, Singapura, Inggris, dan negara observer dari Inggris, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Perancis, Jerman, Filipina, Korea Selatan, Timor Leste.

Tema Latma Super Garuda Shield Tahun 2023, yaitu Komando Gabungan Bersama (Kogabma) melaksanakan operasi gabungan bersama di wilayah Surabaya, Asembagus, Grati dan Bandara Blimbingsari Banyuwangi dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Latma Super Garuda Shield ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama bilateral Military to Military dan hubungan militer yang positif; mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan fungsi gabungan (joint function) dan prosedur staf memanfaatkan kemampuan Kodal dari fungsi gabungan dan Mabes Angkatan Darat, Laut, Udara dan KoopssusTNI.

Tidak hanya itu, interoperability TNI dan U.S Indopacom juga merencanakan operasi gabungan bersama dan mengembangkan operasi Multilateral atau Combined pada level taktis dan memperkuat hubungan antaraTNI dan U.S. Indopacom.

Materi dalam Latma Super Garuda Shield Tahun 2023 kali ini, terdiri dari Staff Exercise (materi mengenai prosedur pengambilan keputusan kepemimpinan dan perintah operasi), Special Operation Force (SOF) (materi mengenai aktivitas Military Free Fall Infiltrasi dan Air Assalut dan dilaksanakan oleh Indonesia, US, Jepang dan Australia), Airborne Operation (materi mengenai operasi serangan parasut ke daerah yang dikuasai musuh, dan dilaksanakan oleh Indonesia, US, Jepang dan Australia).

Selanjutnya, Austere Operation (materi mengenai operasi militer dalam rangka mengoperasionalkan landasan udara yang sudah lama tidak pernah dipergunakan untuk pelaksanaan operasi udara militer, dan dilaksanakan oleh Indonesia, US, Jepang dan Australia), Hirain (Himars Rapid Infiltration) and C-Rain (Caesar RapidInfiltration) (materi mengenai operasi mobilitas udara untuk alutsista Himars dan Caesar), Amphibious Operation (materi mengenai operasi amphibi yang dilakukan oleh prajurit marinir TNI AL), Naval Gun Fire (materi mengenai penembakan meriam oleh KRI), Engineer Civil Action Project (pembangunan sarana dan prasarana desa) dan Combine Arm Life Fire Exercise (CALFEX) (materi mengenai latihan tembakan amunisi tajam terintegrasi antar kecabangan).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:35
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
Viral