8 Hektar Hutan Lindung Lereng Gunung Lawu di Ngawi Terbakar.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

8 Hektar Hutan Lindung Lereng Gunung Lawu di Ngawi Terbakar

Selasa, 5 September 2023 - 09:45 WIB

Ngawi, tvOnenews.com - 8 hektar hutan rimba (lindung) di petak 33 dan 39 masuk KRPH Manyul KPH Lawu Gunung Lawu sisi utara, tepatnya masuk Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, terbakar, Senin (4/9). 

Meski titik api masih jauh dari permukiman penduduk, namun kebakaran kian meluas, hingga puluhan personil gabungan TNI-Polri, Perhutani dibantu warga desa diberangkatkan melakukan pemadaman sejak Senin malam. 

Hartoyo (46) Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan membenarkan kebakaran mulai terjadi pada Senin pagi. Upaya pemadaman telah dilakukan dengan melibatkan puluhan warga masyarakat dibantu personil gabungan, namun masih belum teratasi. 

“Tahu-tahu kemarin api muncul, warga dibantu perhutani, TNI dan Kapolsek juga sudah melakukan upaya pemadaman,” ujar Hartoyo, Selasa (5/9).  

Hingga selasa pagi ini (5/9) asap hitam tebal masih terlihat dan dipastikan api masih belum bisa dipadamkan, karena lokasinya sulit terjangkau. 

Sedikitnya 8 hektar hutan lindung yang terdiri dari tanaman pohon ecaliptus, cemara dan sebagian rimba campuran yang terbakar. Besarnya kobaran api dan kondisi di atas angin kencang membuat api masih belum bisa dipadamkan.

“Perkiraan 7 sampai 8 hektar yang terbakar. Tanamannya macam-macam, ada ecalyptus, cemara sebagian rimba campura,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral