Kapal ikan sandar di perairan Tanjungwangi, Banyuwangi..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Berlabuh di Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi, Begini Keluhan Nahkoda Kapal Ikan

Minggu, 10 September 2023 - 10:22 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Berlabuhnya kapal ikan ke Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi ternyata dikeluhkan para nahkoda kapal. Sebab, mereka harus rela antre untuk bersandar. Biaya yang dikeluarkan juga lebih besar selama menunggu antrean. Kondisi ini berbeda ketika sandar di pelabuhan perikanan.

Meski biayanya lebih besar, para nakhoda kapal hanya bisa pasrah. Sebab, cuaca belum bersahabat jika bersandar di Pelabuhan Perikanan Masami, meski jaraknya berdekatan. 

"Sebenarnya lebih nyaman sandar di Pelabuhan Perikanan Masami ketimbang pelabuhan umum Tanjungwangi. Kita harus antre hingga 3 hari jika mau sandar. Kalau di pelabuhan perikanan bisa langsung sandar," kata Cap Ji Min, salah satu nakhoda kapal ikan, Sabtu (9/9).

Sebelumnya kapal ikan bersandar di Pelabuhan Perikanan Masami yang dikelola swasta. Namun, mereka digeser ke Pelabuhan Tanjungwangi. 

"Pergeseran ini mengikuti petunjuk agen setelah mendapatkan izin dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)," jelasnya.

Padahal ketika sandar di Pelabuhan Tanjungwangi biaya yang dikeluarkan lebih besar. Penyebabnya, kapal ikan tidak bisa langsung sandar. Mereka harus menunggu dermaga kosong dari kapal barang. Selama menunggu antrean, biayanya tak sedikit. Pasalnya, mesin kapal ikan harus tetap hidup. Sehingga membutuhkan bahan bakar tak sedikit.

"Kalau kami mau sandar, bisa menunggu antrean 2-3 hari. Selama itu, mesin tetap hidup karena membawa ikan. Bahkan, ketika sudah sandar, tak jarang harus kembali ke laut lagi karena ada kapal barang yang akan sandar," keluh pria asal Sulawesi ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral