Ratusan Purnawirawan Polwan Polda Jawa Timur menggelar aksi menanam pohon dan bersih-bersih sampah plastis.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Aksi Purna Polwan Polda Jatim, Tanam Ratusan Pohon Mangrove dan Bersihkan Sampah Plastik di Ekowisata Wonorejo

Senin, 11 September 2023 - 09:14 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Ratusan Purnawirawan Polwan Polda Jawa Timur menggelar aksi menanam pohon dan bersih-bersih sampah plastis di kawasan hutan wisata mangrove Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Aksi ini untuk menjaga dan merawat lingkungan hidup agar bisa tetap bermanfaat bagi masyarakat.

Paguyuban Purna Polwan Polda Jatim melakukan aksi peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup. Mereka berkomitmen untuk terus menjaga dan merawat alam lingkungan terutama di kawasan pantai timur Surabaya (pamurbaya), dengan aksi penanaman pohon dan pengambilan sampah plastik di hutan ekowisata mangrove.

Ekowisata Mangrove Wonorejo salah satu aset alam yang perlu dijaga dengan baik. Wisata alam ini bukan hanya menjadi sumber pendapatan bagi komunitas lokal, tetapi juga tempat yang memungkinkan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kelestarian alam.

Mangrove adalah salah satu ekosistem pesisir yang penuh manfaat. Mereka tidak hanya berfungsi sebagai tempat hidup bagi beragam spesies laut dan darat, tetapi juga berperan dalam melindungi pantai dari abrasi dan badai. Selain itu, mangrove juga berkontribusi dalam siklus karbon dan menjaga kualitas air.

Ketua Paguyuban Purna Pamen Polwan Polda Jatim, Dra. Sri Chumasia, M.Psi, menyampaikan, hari ini, pihaknya berkumpul dengan satu tujuan bersama yakni menanam pohon mangrove untuk melindungi dan memperluas ekosistem mangrove di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Tindakan sederhana ini akan memiliki dampak besar dalam menjaga keseimbangan alam dan kehidupan berbagai spesies di wilayah ini.

“Langkah-langkah yang akan kami lakukan penanaman pohon mangrove. Kami akan bekerja sama dengan pihak ekowisata untuk menanam pohon mangrove di lokasi yang telah ditentukan. Setiap anggota Paguyuban Purna Polwan Polda Jatim akan turut serta dalam kegiatan pengambilan sampah di area yang ditentukan dan penanaman pohom mangrove itu sendiri,” ujarnya.

Menurut Chumasia, pihaknya akan mengadakan program edukasi masyarakat, khususunya kepada pengunjung Ekowisata Mangrove Wonorejo tentang kepentingan dan manfaat ekosistem mangrove.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral