Gunung Raung, Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Waspada Kebakaran Hutan, Pendakian Gunung Raung dan Rante Banyuwangi Ditutup

Kamis, 21 September 2023 - 13:17 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Musim kemarau membuat jajaran Perhutani siaga. Mengantisipasi kebakaran hutan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat menutup jalur pendakian Gunung Raung dan Rante. Aktivitas ke kawasan gunung ini ditutup total.

Penutupan jalur pendakian ini dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Larangan ke puncak Raung ini diatur dalam Surat Instruksi bernomor 0450/058.4/BWB/2023. Salah satu alasan larangan ini adalah terjadinya kebakaran di beberapa lereng gunung selama beberapa minggu terakhir. 

“Jadi, ini salah satu antisipasi dari Perhutani mengantisipasi kebakaran, yaitu dengan melarang pembukaan pendakian gunung," kata Administratur KKPH Banyuwangi Barat Dedy Siswandhi, Kamis (21/9).

Selama penutupan pendakian, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Salah satunya, paguyuban pendakian Gunung Raung di Kecamatan Kalibaru. 

“Kalau di Gunung Rante, pendakiannya satu. Kami juga telah sampaikan ke pengelola di sana. Intinya, aktivitas pendakian ditutup,” tegasnya.

Gunung Raung dan Rante adalah wilayah yang paling rawan terjadinya kebakaran ketika musim kemarau. Sebab, tanamannya kebanyakan ilalang yang rawan terbakar. Sehingga, beresiko memicu kebakaran hutan. 

“Rawan sekali kebakaran. Kami juga melihat banyaknya laporan kebakaran hutan di wilayah KPH lain,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral