Pengelola Pelabuhan Perikanan Masami bertemu Dirjen Perikanan Tangkap KKP.
Sumber :
  • happy oktavia

Tak Direkom untuk Kapal Ikan, Pengelola Pelabuhan Perikanan di Banyuwangi Mengadu ke KKP

Kamis, 21 September 2023 - 15:40 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Tidak bersandarnya kapal ikan di Pelabuhan Perikanan Masami, Banyuwangi terus berbuntut. Terbaru, pengelola pelabuhan swasta ini mengadu ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Isinya, mengeluhkan kapal ikan yang izin berlabuhnya justru ke Pelabuhan Tanjungwangi yang berstatus pelabuhan umum.

“Jadi, kami sudah mengadukan persoalan bongkar kapal ikan ini ke KKP. Kebetulan ditemui langsung Dirjen Perikanan Tangkap, Agus Suherman. Kami sampaikan semua kronologis di lapangan dan data-data yang ada,” kata Pengelola Pelabuhan Perikanan Masami, Rudi Steven, Kamis (21/9) siang.

Kepada Dirjen, pihaknya membuka data terkait cuaca yang diklaim kurang bersahabat. Sehingga, kapal ikan yang sebelumnya bongkar di Pelabuhan Perikanan Masami dialihkan ke Pelabuhan Tanjungwangi. 

“Kami sampaikan juga site plan dan jarak Pelabuhan Masami dengan Tanjungwangi. Termasuk, tarif bongkar yang menyumbang cukup besar Pendapatan Nasional Bukan Pajak (PNBP),” jelasnya.

Selain persoalan bongkar muat kapal, pihaknya mengeluhkan hadirnya Kepmen KKP terkait penetapan pelabuhan perikanan yang baru di Banyuwangi. Diantaranya, Pelabuhan Tanjungwangi dan Pelabuhan Perikanan Muncar. Terkait pengaduan ini, Dirjen Perikanan Tangkap berjanji akan segera turun ke Banyuwangi. 

“Beliau (Dirjen) berjanji akan segera ke Banyuwangi untuk melihat langsung kondisi lapangan,” tutupnya.

Polemik kapal ikan yang berlabuh di Banyuwangi mulai muncul empat bulan terakhir. Kapal ikan yang semestinya sandar di pelabuhan perikanan justru memilih antre di Pelabuhan Tanjungwangi yang statusnya untuk kapal barang. Padahal, pelabuhan perikanan tersedia tak jauh dari kawasan ini. Justru, dibiarkan kosong.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:11
09:23
08:52
01:36
04:20
04:02
Viral