Total 150 Hektar Hutan Gunung Lawu Terbakar.
Sumber :
  • tvOne - miftakhul erfan

Total 150 Hektar Hutan Gunung Lawu Terbakar, Perhutani : Kami Menduga Pemadaman Hutan Sebelumnya Belum Tuntas

Senin, 2 Oktober 2023 - 09:34 WIB

Ngawi, tvOnenews.com - Hingga hari ke tiga kebakaran hutan lindung Gunung Lawu di wilayah Kabupaten Ngawi, masih belum bisa dipadamkan. Bahkan kini kebakaran cenderung meluas dan mengarah ke hutan Magetan dan puncak Gunung Lawu, Minggu (1/10).

Yudiono, wakil ADM KPH Lawu DS mengaku total luasan lahan hutan lindung yang terbakar mencapai 150 hektar. Lokasi tersebut tersebar di petak 39, 40, 41 RPH Manyul dan petak 73 RPH Bedagung BKPH Lawu Utara.

“Untuk luasan hingga saat ini diperkirakan sudah 150 hektar,” ucap Yudiono.

Yudiono menjelaskan saat ini kebakaran meluas dan cenderung mengarah ke hutan Magetan dan puncak Gunung Lawu. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan perhutani Lawu Selatan dan juga BPBD Magetan untuk melakukan antisipasi.

“Saat ini Magetan juga sudah bersiap diri dengan membuat ilaran agar api tidak masuk ke wilayah hutan Magetan,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait penyebab kebakaran, Perhutani Lawu DS belum bisa memastikan penyebabnya, namun diduga api berasal dari bara api yang masih tersisa atau pemadaman kebakaran sebelumnya yang belum tuntas.

“Masih kami lakukan mitigasi, karena saat ini cuaca juga sangat panas, angin juga cukup kencang, sehingga dugaan sementara karena pemadaman yang kemarin belum sempurna, bara api masih di kayu yang lapuk, sehingga saat diterpa angin kencang muncul api lagi,” pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral