Tiga Matra TNI Beserta Polri Tabur Bunga di Makam Pahlawan.
Sumber :
  • zainal arifin

Jelang HUT TNI ke-78, Tiga Matra TNI Beserta Polri Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Rabu, 4 Oktober 2023 - 14:45 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Jelang peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-78, tiga matra TNI dan Polri laksanakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Jalan Mayjen Sungkono Surabaya, Rabu (4/10).

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB itu berlangsung khidmat. Diawali laporan penanggungjawab ziarah, mengheningkan cipta, peletakkan karangan bunga, penghormatan pada arwah para pahlawan, pembacaan doa, dan diakhiri tabur bunga.

Mayjen TNI Farid Makruf Panglima Kodam V (Pangdam V) Brawijaya selaku pemimpin upacara menyebut, ziarah ini sebagai bentuk penghormatan seluruh prajurit TNI serta Polri kepada para pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Ini adalah bagian dari rangkaian Peringatan HUT ke-78 TNI tahun 2023 yang selalu kita rayakan dan di makam pahlawan ini, kita berdoa dan mengenang arti berkorban yang dilakukan oleh para pendahulu kita dan wajib kita jadikan tauladan sebagai generasi muda dan penerus perjuangan bangsa,” ujar Farid.

Menurutnya, rangkaian ini penting untuk menjaga semangat mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini.

“Tentu dalam kondisi berbeda. Kalau sebagian besar pahlawan berjuang saat era kemerdekaan, kita berjuang mengisi kemerdekaan dengan darmabakti kita di bidang masing-masing. Begitu juga kita sebagai TNI harus bekerja mempertahankan NKRI sesuai tugas pokok tentara yang saat ini bersinergi dengan polisi,” tambahnya.

Mewakili para panglima matra TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, Mayjend Frod Makruf berharap, seluruh prajurit TNI bisa bersinergi dengan Polri dalam mebgawal pelaksanaan pengamanan negara menjadi profesional, modern, dan tangguh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
05:26
Viral