BMKG Juanda Prediksi Suhu Panas di Jatim Capai 37 Derajat Celcius.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Cuaca Panas Akhir-akhir ini, BMKG Juanda Prediksi Suhu Panas di Jatim Capai 37 Derajat Celcius

Kamis, 5 Oktober 2023 - 20:59 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Kondisi cuaca beberapa hari terakhir di sejumlah wilayah Kota/Kabupaten di Jawa Timur terpantau panas menyengat. BMKG Juanda sebut hal ini dikarenakan masih musim kemarau, dan fase El Nino masih terjadi, sehingga sebabkan potensi pertumbuhan awan di Jatim cukup rendah.

Menurut Rendy, Prakirawan BMKG Juanda mengatakan, diprediksi tanggal 12 hingga 14 Oktober 2023 nanti, kulminasi terjadi dimana posisi matahari berada di posisi paling tinggi di langit wilayah Jatim. Kondisi ini akan sebabkan panas yang lebih tinggi dibandingkan hari normal biasa.

"Selama 60 hari, sebagian wilayah Jatim belum terjadi hujan akibatnya kerapatan udara kelembapan udaranya cukup kering dan suhu yang dirasakan lebih tinggi,” Prakirawan BMKG Juanda, Rendy.

"BMKG Juanda juga sampaikan kondisi matahari nantinya berada di posisi paling tinggi di langit, tepat di atas wilayah Jatim yang sebabkan kondisi cenderung lebih panas, kita juga memprediksi Jawa Timur berada di titik maksimal, suhu udara dari data 30 tahun terakhir, dengan kondisi suhu maksimal mencapai 37 derajat celcius," pungkasnya. (khu/gol)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:48
01:38
05:22
04:27
01:33
Viral