Fenomena Langka Hari Tanpa Bayangan, Singgah di Probolinggo.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Unik! Fenomena Langka Hari Tanpa Bayangan, Singgah di Wilayah Probolinggo

Jumat, 13 Oktober 2023 - 21:33 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Fenomena kulminasi atau yang kerap disebut hari tanpa bayangan, terjadi di Probolinggo, Jumat (13/10) pukul 11.13 WIB. Tak hayal, fenomena langka ini disaksikan oleh seluruh masyarakat, termasuk anak–anak SD.

Dilansir dari berbagai sumber, fenomena langka ini, biasa terjadi dua kali dalam setahun. Namun setiap daerah terjadi dengan waktu yang berbeda-beda. Dimana saat itu matahari tepat berada di titik zenith atau tepat di atas kepala, yang menyebabkan seolah-olah kita berdiri, bayangan kita tepat di bawah kaki dan membuat bayangan diri seperti menghilang.

Bahkan menjelang detik–detik fenomena langka itu, beberapa murid SD Negeri Lemah Kembar di Jalan Raya pantura, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, menyambut dengan antusias.

Selain itu, para murid Sekolah Dasar setempat juga diberi penjelasan oleh para guru, apa itu fenomena kulminasi. Hingga pada menit menjelang fenomena unik ini, puluhan siswa–siswi membuktikannya sendiri dengan berdiri di tengah lapangan sekolah.

Saira, salah satu murid kelas 4 mengaku, penasaran dengan penjelasan gurunya. Alhasil dirinya membuktikannya sendiri dan benar–benar merasa takjub dengan fenomena langka tersebut.

“Bagus dan sangat menakjubkan, tapi panas sekali hawanya om,” terang siswi tersebut.

Di tingkat Sekolah Dasar, fenomena langka itu juga masuk pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Oleh sebab itu, dengan terjadinya hari tanpa bayangan ini para siswa dapat belajar dan membuktikannya secara langsung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral