Ratusan Pohon Mangrove Ditanam di Pesisir Kali Mireng Manyar Gresik.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Cegah Terjadinya Abrasi dan Banjir, Ratusan Pohon Mangrove Ditanam di Pesisir Kali Mireng Manyar Gresik

Minggu, 15 Oktober 2023 - 12:54 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Untuk mencegah terjadinya abrasi laut dan bencana banjir di kawasan pemukiman warga yang berada di wilayah yang berdekatan dengan pesisir Utara Manyar, Gresik, puluhan personil polisi bersama warga sekitar melakukan penanaman ratusan pohon mangrove di pesisir Kali Mireng, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Dalam kegiatan reboisasi di sepanjang pesisir Kali Mireng Manyar itu diikuti oleh puluhan anggota polisi Resort Gresik dan warga setempat. Mereka bersama-sama bergotong royong melakukan penanaman pohon di kawasan hutan lindung di pantai pesisir Manyar.

Iptu Wiwit, bagian humas Polres Gresik mengatakan, penanaman sbanyak ratusan pohon mangrove di kawasan hutan lindung tersebut dilakukan mulai Jum'at (13/10). Dipilihnya pohon bakau karena memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan, antara lain sebagai penahan abrasi, pencegah banjir, dan sumber kehidupan bagi biota laut.

"Kegiatan penanaman mangrove ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, untuk mencegah terjadinya bencana alam," ujar Wiwit dalam rilis, Sabtu (14/10).

Dikatakan Wiwit, penanaman mangrove yang dilakukan jajaran Polres Gresik itu merupakan langkah positif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mengubah pola pikir masyarakat khususnya masyarakat di pesisir laut agar senantiasa merawat kelestarian alam dengan menjaganya dan tidak merusaknya.

Sekedar diketahui, puluhan polisi di Gresik melakukan penghijauan dengan menanam ratusan pohon mangrove secara serentak dilakukan Polri di seluruh wilayah Indonesia. Penanaman mangrove dilaksanakan di Kali Mireng Desa Manyar, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur itu juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Humas Polri Ke 72.

Kegiatan tanam mangrove merupakan wujud sinergitas Polres Gresik dengan elemen masyarakat untuk merawat hutan lindung yang ada di daerah yang pesisir laut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral