Petani Tembakau di Pulau Bawean Gresik Panen Melimpah.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Berkah Musim Kemarau, Petani Tembakau di Pulau Bawean Gresik Panen Melimpah

Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:50 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Musim kemarau panjang tidak selamanya menimbulkan dampak negatif seperti krisis bersih dan meningkatnya angka kebakaran disejumlah wilayah. Kemarau panjang ternyata membawa berkah tersendiri bagi para petani tembakau di kepulauan Bawean, Kabupaten Gresik.

Para petani tembakau mendapatkan panen yang melimpah akibat cuaca yang kering akhir-akhir tahun ini. Hal itu tidak lepas dari karakter tanaman tembakau yang bisa tumbuh dengan baik dan subur dalam kondisi curah hujan yang minim.

"Produksi tembakau yang umumnya perbatang rata-rata 0,8 kg, di pulau Bawean bisa mencapai 1 kg. Pada satu hektar rata-rata terdapat 16 ribu hingga 20 ribu batang tanaman," kata Eko, Kadis Pertanian Gresik dalam rilis Selasa (17/10).

Selain dampak cuaca panas, hasil panen tembakau yang memuaskan itu tidak muncul secara kebetulan. Eko menambahkan, dirinya bersama tim penyuluh Dinas Pertanian terus mengadakan pendampingan terkait budidaya tembakau.

"Kita laksanakan 6 kali, mulai dari penanaman hingga pengolahan paska panen. Sehingga diharapkan teman-teman petani paham betul tentang teknik budidaya tembakau," jelasnya.

Sementara itu, Salam, salah satu petani yang tergabung dalam kelompok tani demplot tembakau Desa Pudakit Barat pun tidak menyangka jika Pulau Bawean yang menjadi tanah kelahirannya itu, tembakau bisa tumbuh dengan baik bahkan kualitasnya tinggi.

"Ya tidak menyangka saja ditanah kelahiran saya, bisa dibuat budidaya tembakau dan hasilnya sangat bagus," ungkap Salam.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:18
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
Viral