Gubernur Jatim gelar gala dinner dengan peserta ASEAN Panji Festival 2023.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Gubernur Khofifah Gelar Acara Gala Dinner Peserta ASEAN Panji Festival 2023 di Gedung Grahadi Surabaya

Kamis, 19 Oktober 2023 - 12:20 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik gelaran ASEAN Panji Festival 2023 yang diselenggarakan di Jawa Timur pada tanggal 14-23 Oktober 2023. Dimana, malam puncak gelaran yang diikuti oleh delegasi dari 9 Negara ASEAN yakni Indonesia,Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapore, Thailand, dan Vietnam ini akan digelar di Taman Candra Wilwatikta, Kabupaten Pasuruan, (22/10) mendatang.

Sebagai informasi, ASEAN Panji Festival 2023 diselenggarakan untuk mempromosikan warisan budaya Panji (Inao) yang dimiliki bersama oleh negara anggota ASEAN, khususnya bagi Jawa Timur sebagai locus tempat lahirnya Budaya Panji (Inao).

Atas penyelenggaraan ASEAN Panji Festival 2023, Gubernur Khofifah mengaku optimis akan menjadi bagian penguatan persaudaraan antar negara-negara di ASEAN. Hal ini karena festival tersebut menunjukkan bahwa budaya bersifat borderless atau tidak mengenal batas.

“Bahwa budaya ini borderless. Dari budaya Panji maka 9 negara di Asia Tenggara bisa saling membangun sinergitas lewat ASEAN Panji Festival 2023. Sehingga, bisa menjadi kekuatan persaudaran yang kita bangun melalui budaya,” kata Khofifah saat acara Gala Dinner peserta ASEAN Panji Festival 2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya. 

“Sebuah kehormatan bagi Provinsi Jawa Timur mendapat kunjungan dari delegasi negara-negara ASEAN Panji Festival 2023. Selamat datang di tanah kelahiran Cerita Panji/inao,” imbuhnya.

Khofifah menambahkan, Provinsi Jawa Timur sebagai tempat lahirnya sastra Panji merupakan bagian penting dalam perkembangan kebudayaan. Berkat dukungan dari negara-negara ASEAN sehingga pada Tahun 2017 cerita Panji ditetapkan UNESCO sebagai Memory Of The World (Mow).

Substansi cerita Panji dapat dimaknai sebagai penyatuan antara dua belah pihak yang dilambangkan dengan kerajaan Janggala dan Panjalu, antara Raden Panji Inu Kertapati dan Dewi Sekartaji.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
08:40
Viral