Penanaman bibit mangrove.
Sumber :
  • zainal arifin

Tanamkan Aqidah Aswaja, Kader NU Tanam 2200 Bibit Mangrove di Pantai Romokalisari Surabaya

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 06:29 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – “Jihad Santri Jayakan Negeri” menjadi tema peringatan Hari Santri 2023 yang dimeriahkan dengan sejumlah agenda. Salah satunya adalah bersih-bersih pantai dan penanaman bibit mangrove di Pantai Romokalisari, Surabaya pada Jumat (20/10).

Kegiatan penanaman mangrove dan bersih-bersih pantai dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Tampak hadir juga dalam kesempatan tersebut, Ketua DKPP Pemkot Surabaya, Amaliah dan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU. M. Solahuddin.

Kegiatan ini mendorong gagasan bahwa santri dapat berperan aktif dalam memajukan negara, termasuk dalam urusan pelestarian lingkungan yang sesuai dengan pedoman ahlus sunnah waljamaah (aswaja). 

Karena menanam tumbuhan sama dengan bersedekah. Dari Anas ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Tidak seorang pun muslim yang menanam tumbuhan atau bercocok tanam, kemudian buahnya dimakan oleh burung atau manusia atau binatang ternak, kecuali yang dimakan itu akan bernilai sedekah untuknya." (HR Bukhari)

Agenda penanaman 2.200 bibit mangrove ini melibatkan sejumlah pihak meliputi Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Surabaya dan Gresik, dan para nelayan setempat.

Kegiatan penanaman mangrove dan bersih-bersih pantai juga dilakukan PBNU di Pantai Permata Probolinggo. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral