Demo di depan kantor PTPN XII Kebun Kalisat Jampit.
Sumber :
  • sinto sofiadin

Demo PTPN XII, Warga Ijen Bondowoso Blokade Jalan

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 11:23 WIB

Bondowoso, tvOnenews.com - Dengan membawa beberapa aspirasi tuntutan terkait kejelasan kemitraan PTPN XII, ratusan masyarakat Kecamatan Ijen menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor PTPN XII Kebun Kalisat Jampit, pada Jumat (20/10). 

Aksi unjuk rasa kali ini, tampak ratusan warga membawa berbagai atribut unjuk rasa seperti replika keranda mayat dan puluhan poster bertuliskan isi aspirasi.

Bahkan, sempat pula masa memblokade jalan akses di depan PTPN XII Kebun Kalisat Jampit, namun akhirnya ditertibkan oleh aparat keplisian.

Menurut koordinator aksi, Agus, pihaknya bersama ratusan masyarakat Ijen, menuntut kejelasan bermitra pengelolan lahan, milik PTPN XII yang sudah lama dikelola pemanfaatannya oleh masyarakat.

Adapun lahan yang menjadi pemicu aksi unjuk rasa kali ini, seluas 2,5 hektare di Desa Kaligedang, Kecamatan Ijen.

Agus menyampaikan, latar belakang adanya aksi ini mengingat sebelumnya, pihak PTPN XII menutup dan merusak tanaman di lahan produktif yang dikelola oleh masyarakat.

"Sebenarnya kami hanya menuntut kejelasan kemitraan saja, bagaiman ke depan ada batas-batas yang memang bisa dikerjaakan pengelolaannya oleh masyarakat," kata Agus.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral