Upaya pemadaman kebakaran hutan pinus perhutani di Lumajang.
Sumber :
  • wawan sugiarto

Sempat Padam Dua Pekan Lalu, Hutan Pinus di Lumajang Kini Terbakar Lagi Bahkan Semakin Meluas

Jumat, 27 Oktober 2023 - 17:55 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda sejumlah kawasan hutan produksi Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Pasirian, yang terjadi sejak dua pekan terakhir, hingga saat ini belum bisa dipadamkan secara total. 

Di beberapa titik yang sebelumnya terjadi karhutla, kini kembali muncul titik api baru atau kebakaran susulan. Dugaannya, kebakaran ini dipicu oleh bara api yang masih membakar batang-batang kayu pinus kering kembali menyala akibat hembusan angin kencang. 

Salah satunya yang terjadi di kawasan hutan sekitar petak 3-G1, RPH Sumberurip, Blok Gunung Glendang Dusun Kebon Seket, Desa Sumbermujur yang pada Rabu (18/10) lalu sempat mengalami kebakaran, kini kembali terbakar

Menurut Busamin, salah satu warga Dusun Kebon Seket, kebakaran susulan ini terpantau sekitar pukul 11.00 WIB. Kepulan asap tebal, terlihat jelas dari pemukiman warga. 

"Sekitar jam 11 tadi sudah terjadi kebakaran. Asapnya terlihat jelas dari sini. Kayaknya ini kebakaran susulan karena lokasinya tidak jauh dari lokasi sebelumnya," kata Busamin, Jum'at (27/10).

Usai sholat Jum'at, Busamin bersama warga sekitar bersepakat untuk mendatangi lokasi kebakaran  yang terlihat semakin meluas. Warga mengaku khawatir, kebakaran ini merembet ke area kebun kopi, tebu dan singkong. 

"Habis jum'atan apinya semakin besar. Otomatis kami sangat khawatir merembet ke kebun. Soalnya, pergerakan api ini mengarah ke bawah,"  terangnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:25
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
Viral