Tempat pengolahan sampah dari 33 desa yang ada di Desa Balak, Kecamatan Songgon.
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Serius Tangani Persoalan Sampah di Banyuwangi, Ribuan Drum Sampah Didistribusikan ke Desa-desa

Minggu, 29 Oktober 2023 - 10:23 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus gencar mengatasi masalah sampah. Salah satunya adalah menyediakan banyak tempat sampah di berbagai titik, agar masyarakat tidak membuang sampah secara sembarangan lagi.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi yang menjadi sektor utama yang menangani sampah, mendapat bantuan 1000 drum sampah dari operator tambang emas PT Bumi Suksesindo. Bantuan ini otomatis menjadi angin segar dalam penanganan permasalahan sampah di kabupaten paling ujung timur pulau Jawa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLH Banyuwangi, Dwi Handajani, ST, M Si, menyampaikan, drum sampah tersebut akan didistribusikan ke desa-desa dengan pengelolaan sampah di bawah naungan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Reduce Reuse dan Recycle (TPS 3R) di Desa Balak, Kecamatan Songgon.

“Ada 33 desa dari 6 Kecamatan yaitu, Songgon, Sempu, Genteng, Rogojampi, Singojuruh dan Kabat,” katanya, Sabtu (28/10).

Yani, sapaan akrab Dwi Handajani, mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan drum sampah tersebut. Dia berharap kepedulian dan semangat gotong royong dari anak perusahaan Merdeka Copper Gold dalam penanganan permasalahan sampah di Bumi Blambangan, bisa dicontoh pelaku investasi lain.

Perlu diketahui, Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) di Desa Balak, Kecamatan Songgon sudah berjalan sesuai rencana. TPS berkapasitas 84 ton per hari tersebut sudah beroperasi penuh sejak September 2023.

TPST ini merupakan pelaksanaan program Banyuwangi Hijau, sebagai upaya pengendalian sampah, khususnya plastik dengan memilah sampah langsung dari rumah tangga.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:42
02:06
01:02
00:50
01:52
01:30
Viral