Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar Upacara Hari Pahlawan Tepat Pukul 24.00 WIB.
Sumber :
  • Zainal Arifin Azkhari/tvOne

Mohammad Tabrani Tokoh Pejuang Asal Pamekasan Madura Resmi Mendapat Gelar Pahlawan

Jumat, 10 November 2023 - 08:56 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Pemprov Jawa Timur menggelar malam renungan peringatan Hari Pahlawan tepat pukul 24.00 WIB, Jumat (10/11/2023).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengajak masyarakat khususnya generasi muda, untuk menjadi pahlawan-pahlawan yang mampu menjawab tantangan ancaman krisis pangan, ancaman krisis energi, dan ancaman krisis keuangan, terutama kemiskinan dan pembodohan.

“Kita akan terus membangun segala ketertinggalan yang kita alami dengan terus membangun melawan kebodohan dan kemiskinan," kata Khofifah saat mempimpin upacara malam renungan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan 10 November Surabaya, Jumat (10/11/2023) dini hari.

Gubernur wanita pertama di Jatim tersebut menjelaskan di hadapan wartawan tentang sosok Mohammad Tabrani warga Jatim yang mendapat gelar Pahlawan.

Tabrani adalah seorang pemuda berdarah Madura asal Pamekasan yang hadir dalam perumusan Sumpah Pemuda 1928. Saat itu Tabrani berani menolak ide dari Muhamad Yamin selaku pemimpin pemuda saat itu yang menolak bahasa Melayu sebagai bahasa Nasional karena lebih merujuk pada satu suku terbesar di Nusantara.

Tabrani dengan lantang menyodorkan bahasa Melayu Riau atau dikenal sebagai bahasa Mardiken yang dikenalkan oleh Portugis dan Belanda sebagai bahasa komunikasi diantara warga kolonial, di rujuk Tabrani sebagai bahasa yang lebih Nasionalis karena di tuturkan oleh semua masarakat dari Aceh hingga Papua.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral