Limbah Pesantren Diduga Cemari Lingkungan.
Sumber :
  • tim tvone - agus wibowo

Limbah Pesantren di Pacitan Diduga Cemari Lingkungan, Polsek Pringkuku Tak Respon Keluhan Warga

Senin, 13 November 2023 - 11:53 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Masyarakat Dusun Mudal, Desa Ngadirejan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, resah terhadap keberadaan Pondok Pesantren (Ponpes) An Nur. Pasalnya, sudah sejak dua bulan lebih diketahui saluran sanitasi limbah dari air kamar mandi milik ponpes tersebut dibuang ke pekarangan warga. 

Widodo, seorang warga pemilik pekarangan itu menuturkan, saluran pembuangan limbah itu langsung ke tanah pekarangan. Kini pekarangan warga yang sebelumnya subur untuk  ditanami sayur mayur dan palawija itu, sudah tercemar air sabun.

“Saluran pembuangan airnya langsung ke tanah pekarangan dan dekat dengan sumber air. Limbahnya bisa merembes sumber air yang sampai saat ini masih dimanfaatkan untuk kebutuhan air minum warga setempat," jelasnya.

Tidak hanya limbah air kamar mandi yang dibuang ke pekarangan warga, namun pekarangan warga ini pun sudah menjadi tempat pembuangan sampah akhir dari pondok pesantren tersebut.

Wahyu Suwito menegaskan warga seringkali mengingatkan pihak ponpes agar membuang limbah dan sampah di area pondok sendiri. Atas keluhan warga ini, pihak kepolisian bahkan takut untuk menegur, hanya membiarkan masalah itu berlarut-larut.

"Dulu sudah sempat diprotes warga, soalnya saluran air limbah dibuang ke jalan dan mengalir ke lingkungan rumah warga sekitar. Sekarang malah ditambah sampah yang seenaknya dibuang ke pekarangan warga,” katanya.

“Kami sudah menyampaikan ke RT, Kasun, Koramil dan Polsek Pringkuku, namun sampai sekarang dari pihak berwajib tidak ada tindak lanjutnya, dibiarkan begitu saja keluhan warga,” imbuh Suwito.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:56
08:45
07:17
01:11
05:51
01:35
Viral