Kegiatan pemberdayaan masyarakat.
Sumber :
  • aris wiyanto

Bentuk Masyarakat Sadar Bencana, SAR Denpasar Edukasi Masyarakat di Daerah Rawan Bencana Gunung Agung

Jumat, 17 November 2023 - 12:34 WIB

Karangasem, tvOnenews.com - Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menyelenggarakan Pemberdayaan Masyarakat Pencarian dan Pertolongan bagi warga Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Rabu (15/11) di Wantilan Desa Bhuana Giri.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, dibuka pada hari kedua oleh Staff Ahli I Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, S.Pd., M.Pd. Hadir pula Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar I Nyoman Sidakarya, S.H. beserta jajarannya. Tamu undangan yang datang diantaranya dari BPBD, PVMBG, Polsek, Koramil, Perbekel, Kecamatan Bebandem. 

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar sebagai perpanjangan tangan BASARNAS wajib menjalankan tugasnya untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat. Salah satu upaya Basarnas yakni mengadakan kegiatan-kegiatan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dengan memberikan edukasi mengenai pengetahuan dan keterampilan teknis pencarian dan pertolongan diharapkan akan membentuk masyarakat yang tanggap, tangguh serta mandiri ketika menghadapi bencana alam atau kondisi kedaruratan lainnya.  

Kabupaten Karangasem termasuk wilayah rawan bencana alam, khususnya Desa Bhuana Giri yang masuk dalam wilayah rawan bencana, apabila terjadi letusan Gunung Agung. Disamping itu, bencana banjir serta tanah longsor juga merupakan ancaman berbahaya bagi masyarakat apabila intensitas hujan sangat tinggi. Kedepannya msyarakat setempat harus meningkatkan kapasitasnya dalam menangani tantangan akbiat bencana. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika mengungkapkan, bahwa pemberian edukasi tentang SAR bagi Desa Bhuana Giri sangatlah tepat.

"Tempat ini adalah tempat yang memang tepat karena dampak dari pada Gunung Api, khususnya Gunung Agung, di sini adalah KRB 3," ungkapnya.

Ia mengharapkan, setelah sebagian masyarakat mendapatkan pembekalan ini, mereka bisa menolong dirinya sendiri dan orang laing saat dalam kondisi darurat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
02:00
00:49
02:08
00:40
01:30
Viral