Bantuan Program TJSL untuk UMKM.
Sumber :
  • Tim tvone - happy oktavia

Kembangkan Pariwisata Daerah, 13 UMKM di Banyuwangi dapat Bantuan Program TJSL

Rabu, 22 November 2023 - 15:29 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Belasan UMKM di Banyuwangi mendapatkan bantuan dari Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav. Bantuan di akhir tahun ini sebagai upaya mendorong kemajuan perekonomian masyarakat di Bumi Blambangan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Manajer Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan AirNav Indonesia, Farchan Jamil menjelaskan di Banyuwangi ada 13 UMKM yang mendapat manfaat TJSL AirNav. Selama dua hari mendatang, para pelaku UMKM tersebut akan mendapat pelatihan dan pembinaan untuk mengembangkan usahanya.

"Sebagai kepanjangan tangan pemerintah ingin memberikan manfaat bagi masyarakat. Harapannya kelak mereka bisa mandiri, merekrut masyarakat sekitar, lebih berdaya, dan bisa lebih mengembangkan usahanya," kata Farchan.

Penyaluran bantuan di Banyuwangi merupakan kali pertama diberikan. Sebab Banyuwangi sudah berupaya keras dalam mengembangkan daerahnya. Utamanya dalam sektor pariwisata yang membuat kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini masuk dalam prioritas destinasi wisata di Indonesia.

"Banyuwangi dipilih karena sektor pariwisatanya yang terus berkembang hingga dikenal dunia. Kehadiran UMKM berdaya akan menjadi pelengkap yang menyempurnakan. Upaya itu patut kita dukung," bebernya.

Farchan mengatakan bantuan ini rutin diberikan setiap tahun. Anggaran yang disediakan tahun ini mencapai Rp700 juta. Tahun depan diperkirakan anggaran TJSL naik Rp1,1 miliar.

"Airnav bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka untuk menentukan mana saja UMKM yang bisa dibantu untuk dikembangkan. Di Jawa Timur sudah ada dua kabupaten/kota yang merasakan program TJSL Airnav, yakni Malang dan Banyuwangi," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:52
01:42
10:01
02:16
01:09
01:25
Viral