Pohon Tumbang, Jalur Piket Nol Penghubung Lumajang-Malang Putus.
Sumber :
  • Tim tvone - wawan sugiarto

Akibat Pohon Tumbang, Jalur Piket Nol Penghubung Lumajang-Malang Putus Total

Selasa, 12 Desember 2023 - 23:09 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Tidak ada hujan tidak ada angin, sebatang pohon raksasa jenis Kapasan, tiba-tiba tumbang dan menutup seluruh badan jalan, di jalur perbukitan Piket Nol, kilometer 55 Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang, Senin malam (12/12).

Menurut Sudarman, salah satu relawan kebencanaan setempat, diduga kuat tumbangnya pohon jenis Kapasan tersebut akibat kondisi pohon yang terlalu tua serta akar yang sudah tidak kokoh lagi. 

"Kejadiannya sekitar jam 7 malam. Tidak ada hujan tidak ada angin dan tiba-tiba tumbang begitu saja. Kalau lihat kondisinya kayaknya pohon ini terlalu tua dan akarnya tidak kokoh lagi, " ujar Sudarman kepada tvOnenews.com di lokasi, Selasa (12/12). 

Lebih lanjut Sudarman menjelaskan bahwa pohon Kapasan yang tumbang ini memiliki diameter 300 centimeter dengan panjang kurang lebih 30 meter. 

"Batangnya di atas bukit sana. Tadi yang nutup jalan hanya bagian tengah dan pucuknya saja. Jalan sempat macet total hingga 1 jam karena batang dan rantingnya memenuhi badan jalan," jelasnya. 

Pantauan tvOnenews.com di lokasi, terlihat antrian kendaraan roda 2 maupun 4 nampak cukup panjang, baik dari arah Lumajang maupun Malang. 

Dengan menggunakan gergaji mesin, sejumlah petugas TNI Polri dari Koramil dan Polsek Candipuro, dibantu warga dan relawan terus berupaya memangkas bagian barang pohon dan ranting yang menutup jalan, hingga akhirnya jalur bisa dilalui dengan sistem buka tutup. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral