Kandang Terbakar Akibat Korsleting Listrik, Sapi Milik Warga di Nganjuk Nyaris Terpanggang.
Sumber :
  • tvOne - kasianto

Kandang Terbakar Akibat Korsleting Listrik, Sapi Milik Warga di Nganjuk Nyaris Terpanggang

Selasa, 19 Desember 2023 - 12:53 WIB

Nganjuk, tvOnenews.com - Kejadian menegangkan nyaris merenggut nyawa sapi milik seorang peternak di Desa Tanjungkalang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk.

Kejadian tersebut terjadi pada hari Selasa (19/12) sekitar pukul 03:30 WIB dini hari waktu setempat. Diduga korsleting listrik tak terduga dalam salah satu instalasi listrik kandang sapi tersebut menyebabkan kebakaran dengan cepat.

Pemilik kandang M, Rofii, ketika ingin ke kamar mandi, melihat adanya api dari luar rumah lalu segera memeriksanya dan ternyata yang terbakar kandang sapi.

"Waktu api membara, saya habis bangun tidur, tahu tahu melihat kobar api di dalam kandang sapi. Kemudian setelah api semakin lama semakin membara, saya segera melapor ke perangkat desa dan diteruskan ke salah satu anggota Damkar," jelas Rofii.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Nganjuk Sujito, jika kandang sapi milik warga di Desa Tanjungkalang, Kecamatan Ngronggot, terbakar.

"Benar mas, kejadiannya diketahui ketika pemilik kandang ingin ke kamar mandi, melihat adanya api dari luar rumah, lalu segera memeriksanya dan ternyata yang terbakar kandang sapi. Kemudian oleh pemilik kandang di laporkan ke perangkat desa dan oleh perangkat desa di laporkan pada petugas piket," kata Sujito, saat di konfirmasi tvOnenews.com, Selasa (19/12).

"Kalau kejadiannya sekitar pukul 03:10 WIB, laporan masuk pukul 03:25 WIB, kemudian oleh petugas piket ditindak lanjuti dan dilakukan pemadaman oleh armada 04 beserta personilnya bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat desa berjibaku dengan warga setempat," ujar Sujito.

"Alhamdulillah, setelah lima menit mobil pemadam beserta personilnya tiba di lokasi, api berhasil dipadamkan, sehingga tidak sampai ada korban jiwa, pemilik kandang dan sapi ternaknya selamat," ucap Sujito.

Kesimpulan sementara penyebab kebakaran kandang sapi, menurut Sujito penyebab kebakaran adalah korsleting listrik yang terjadi akibat keausan kabel yang digunakan dalam instalasi listrik kandang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral