puskesmas Taman Sidoarjo siap tampung pasien depresi berat.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

Puskesmas Taman Sidoarjo Siap Tampung Pasien Depresi Berat dari Para Caleg yang Gagal Terpilih pada Pemilu 2024

Jumat, 22 Desember 2023 - 11:40 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com – Tak hanya di rumah sakit besar saja, puskesmas Kecamatan Taman Sidoarjo pun telah siap menerima para calon legislatif muda yang mengalami depresi, jika tak terpilih di pemilu 2024 mendatang. Tak hanya menyiapkan tenaga medis saja, namun juga segala fasilitasnya, untuk dapat merawat para pasien yang mengalami depresi ringan hingga berat.
 
Hal ini disampikan langsung oleh Siti Julaikhah, penanggung jawab Poli Jiwa Puskesmas Taman Sidoarjo. Menurutnya fasilitas poli jiwa yang dimiliki sejak 2015 ini dapat dimanfaatkan tak hanya untuk caleg saja, namun juga untuk warga lain, seperti keluarga caleg, tim sukses hingga para pendukungnya yang terdampak mengalami depresi akibat kalah dalam perolehan suara.

"Ya seperti kemarin ada tes kesehatan untuk caleg kita melakukan screening, dan nanti kalau telah pemilihan ada yang gagal ada peningkatan biasanya stres ringan, kami siap menerima pasien tersebut sesuai sop perawatan depresi ringan sampai berat kami bisa tangani dan lakukan pengobatan," ucapnya.
 
Poli jiwa yang telah dibuka sejak 2015 ini kini sedang merawat lebih dari 1000 pasien yang mengalami gangguan jiwa dan 700 diantaranya mengalami depresi berat, yang didominasi oleh pasien berusia muda atau usia 17 hingga 30 tahun.

"Jadi perkembangan penyakit jiwa semakin tinggi sebagai gambaran saja di tahun 2015 hanya ada satu atau dua, tapi sekarang 2023 ini jumlah pasien gangguan jiwa sebanyak 344 pasien. Dan yang mengalami depresi berat 700 sekian. Apalagi trennya sekarang mulai anak-anak usia muda generasi baru ini, dimana kena sedikit tekanan permasalahan membuat mereka mengalami gangguan kesehatan," ucap dr. Inensia Khoirul, Kepala Puskesmas Kecamatan Taman Sidoarjo.
 
dr Inensia juga menambahkan, depresi yang terjadi pada calon legislatif ini dapat terjadi karena menjadi pusat perhatian hingga mengeluarkan modal yang tak sedikit, namun akhirnya tak dapat menerima kekalahan. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:01
00:52
01:49
01:18
14:22
10:10
Viral