PBNU Akhirnya Tetapkan Cucu KH Hasyim Asy'ari Gantikan KH Marzuki Mustamar Pimpin PWNU Jatim.
Sumber :
  • syamsul huda

PBNU Akhirnya Tetapkan Cucu KH Hasyim Asy'ari Gantikan KH Marzuki Mustamar Pimpin PWNU Jatim

Kamis, 11 Januari 2024 - 12:31 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Rapat gabungan syuriah dan tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akhirnya menetapkan cucu pendiri NU Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, yakni KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin), sebagai nakhoda baru Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. 

“Alhamdulillah rapat gabungan bulat menetapkan Gus Kikin menjadi Pj (Penjabat) Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar,” kata Sekjen PBNU Gus Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam keterangan tertulisnya.

Selanjutnya, Gus Kikin akan menjabat sebagai Pj Ketua PWNU Jatim hingga diselenggarakannya Musyawarah Wilayah (Muskerwil) PWNU Jawa Timur yang rencananya akan digelar pada Maret 2024 mendatang. 

Sejatinya, masa kepengurusan KH Marzuki Mustamar sebagai ketua PWNU Jatim telah habis masa jabatannya sejak September 2023, namun kemudian mendapatkan SK perpanjangan sementara dari PBNU.

Rapat gabungan yang dipimpin langsung Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar juga dihadiri Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf serta jajaran syuriah dan tanfidziyah ini bulat menerima pemberhentian Kiai Marzuki dan pengangkatan Gus Kikin. 

Alasan penunjukan Gus Kikin sebagai Pj Ketua PWNU Jatim, dengan beberapa alasan. Pertama karena Gus Kikin telah berpengalaman, bahkan saat ini menjabat sebagai salah satu Ketua PBNU.

“Apalagi beliau saat ini juga Pengasuh Pesantren Tebuireng dan juga cucu Hadratussyekh, insyaallah akan mampu menjalankan kepemimpinan organisasi dalam masa transisi ini,” kata Gus Ipul. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral