Hujan Deras, 2 Titik Tanggul Sungai di Lamongan Jebol.
Sumber :
  • Tim tvone - mahrus

Diguyur Hujan Deras, 2 Titik Tanggul Sungai di Lamongan Jebol, Ratusan Hektar Lahan Pertanian Terancam Tenggelam

Selasa, 6 Februari 2024 - 09:03 WIB

Lamongan, tvOnenews.com - Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Lamongan, Senin malam mengakibatkan dua titik lokasi tanggul sungai yang berada di Desa Ploso Lebak, Kecamatan Turi jebol sepanjang 20 meter.

Akibat jebolnya dua titik tanggul sepanjang lima belas meter tersebut, ratusan hektar lahan petani tambak milik warga di dua desa terancam tenggelam akibat terendam banjir. Selain itu luberan air juga mengancam pemukiman penduduk di wilayah tersebut.

Sulistio warga Ploso Lebak mengatakan peristiwa jebolnya tanggul tersebut terjadi pada Senin malam, saat terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah Lamongan semalaman. Air meluber hingga terjadi tanggul jebol di dua titik sepanjang dua puluh meter.

"Ada dua titik tanggul yang jebol, kejadian Selasa dini hari pasca hujan deras yang mengguyur di wilayah Lamongan selama lima jam," kata Sulistio. 

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lamongan, Jaka Raharja mengatakan untuk menangani tanggul jebol akibat luapan sungai Plalangan, BPBD Lamongan melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah lainnya dan menerjunkan personil ke lokasi dengan menyiapkan sejumlah material, antara lain terpal, gedeg guling, hingga menyiapkan alat berat.

"Sementara kita lakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah lainnya dengan menyiapkan terpal dan gedeg guling di lokasi" kata Jaka Raharja. 

Masih menurut Jaka, penanganan jebolnya tanggul di dua titik tersebut dengan panjang sekitar lima belas meter belum bisa dilakukan dengan menggunakan alat berat lantaran derasnya aliran sungai, sehingga untuk penanganan awal petugas hanya menambal tanggul jebol dengan media terpal dan gedeg guling.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral