KAL Sembulungan Perkuat Pengamanan Perairan Timur Jawa.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

KAL Sembulungan Tiba di Banyuwangi, Perkuat Pengamanan Perairan Timur Jawa

Selasa, 2 April 2024 - 13:29 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Akhirnya, Kapal Angkatan Laut (KAL) Sembulungan II-5-42 tiba di perairan Banyuwangi. Penyambutan KAL Sembulungan ini dilakukan di Dermaga Pusri, Ketapang, Banyuwangi, Selasa (2/4). 

Peresmian KAL yang diproduksi di Batam, Kepulauan Riau itu dilakukan oleh Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah bersama Komandan Pangkalan Utama TNI Al (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, dan Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz.

Danlantamal V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan mengatakan, KAL Sembulungan dibuat dengan teknologi modern dan baru diterima Lantamal V Surabaya pada Februari 2024 lalu.

“KAL Sembulungan kemudian dialokasikan untuk Lanal Banyuwangi. KAL ini untuk memperkuat operasi penegakan hukum dan keamanan di laut di wilker (wilayah kerja) Lanal Banyuwangi,” tegas Joni usai pengukuhan.

Joni menjabarkan, KAL Sembulungan ini merupakan salah satu jenis kapal yang memiliki panjang 28 meter, lebar 6,20 meter, dengan kecepatan maksimum 28 knot, diperkuat dengan 1 unit Meriam 20 mm, 2 Unit Meriam 12,7 mm, dan daya tampung ABK 15 orang.

“Kapal ini diproduksi dari dalam negeri yakni oleh PT Citra Shipyard Batam. Dibuat dengan teknologi terkini dan dilengkapi dengan beberapa persenjataan yang ada,” bebernya.

KAL Sembulungan sudah teruji baik kekuatan dan kelayakan. Kapal ini sudah berlayar dari perairan Batam sampai Banyuwangi dengan melintasi selat Malaka yang ombaknya cukup besar.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral