Pedagang selongsong ketupat.
Sumber :
  • hartono ranggalawe

Jelang Lebaran Syawal, 2.000 Biji Selongsong Ketupat di Tuban Habis Sekejab

Selasa, 16 April 2024 - 16:42 WIB

Tuban, tvOnenews.com - Perayaan lebaran ketupat memang baru digelar Rabu (17/4) bertepatan dengan tradisi Syawalan bagi sebagian penduduk di Indonesia. Namun sejak Senin (15/4) kemarin, para pedagang selongsong ketupat, di Kabupaten Tuban, sudah kebanjiran pesanan. Ribuan hasil kreasi mereka laris manis diserbu warga yang enggan bersusah payah merangkai daun lontar tersebut.

Sejak Senin pagi, sejumlah pedagang kurung ketupat dadakan sudah mulai memadati Pasar Bongkaran di Kecamatan Semanding, Tuban. Pembelipun terus datang silih berganti.

Banyaknya permintaan kurung ketupat membuat perajin harus bekerja ekstra. Rangkaian daun berbentuk persegi ini harus terus dikebut sepanjang hari. Sambil melayani pembeli, mereka terus merangkai daun lontar menjadi kurung ketupat.

“Kalau tidak dengan cara begini (membuat ketupat sambil melayani-red) tidak ngatasi melayani permintaan,” tutur Partini, pedagang kurung ketupat, sambil menunjukan kurung ketupat yang baru separo dirangkai yang dipegangnya.

Para pembeli yang didominasi emak-emak ini sengaja berburu selongsong untuk membuat ketupat pada tradisi lebaran Syawalan atau hari ketujuh lebaran Idul Fitri. Mereka mengaku lebih memilih membeli selongsong siap pakai, daripada kesulitan merangkai daun lontar maupun janur untuk membuat ketupat.

“Enakan gini, nanti tinggal ngisi dan memasak, daripada bikin sendiri ribet, lagian gak bisa buat,” ujar Musriani, sambil terkekeh.

Ditambahkan ibu muda ini, selain kesulitan membuat rangkaian selongsong ketupat, juga kesulitan mendapatkan bahan baku.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral