Aktivitas penambang pasir di area Gunung Semeru..
Sumber :
  • tvOnenews.com/Wawan Sugiarto

Penambang Pasir Area Gunung Semeru Tetap Bekerja di Tengah Ancaman Banjir Lahar Susulan

Minggu, 21 April 2024 - 10:01 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Sejumlah penambang pasir tradisional di area Gunung Semeru, tepatnya aliran Sungai Besuk Sat Desa Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali nekat beraktivitas, meski ada ancaman banjir lahar susulan. 

Pantauan tvOnenews.com di lokasi, sejak Minggu (21/4/2024) pagi antrean truk penambang mulai terlihat di tengah aliran sungai Besuk Sat area Gunung Semeru, meskipun tumpukan material vulkanik sisa banjir lahar hujan yang terjadi pada Kamis (18/4) malam kemarin belum dibersihkan. 

Suratno, salah satu penambang tradisional di lokasi mengaku jika para penambang tetap nekat beraktivitas, karena alasan ekonomi. 

"Kami tetap nekat kerja lagi karena tidak ada pekerjaan lain. Nambang pasir inilah sumber penghasilan kami selama ini," kata Ratno saat ditemui di lokasi tambang pasir.

Suratno juga menuturkan bahwa dirinya dan para penambang lain sudah terbiasa dengan sering terjadinya banjir lahar selama ini. Meskipun demikian, Ia mengaku tetap waspada setiap kali beraktivitas. 

"Intinya kami tetap waspada saat kerja. Selain peringatan dari petugas, penambang juga mengandalkan tanda-tanda alam. Jadi kalau cuaca sudah mulai mendung, kami langsung hentikan aktivitas," pungkasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:10
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
Viral