Penutupan spot foto di area Hutan Mati di TWA Kawah Ijen..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Ditutup, Spot Selfie di Hutan Mati Kawah Ijen Berbahaya untuk Wisatawan

Selasa, 23 April 2024 - 15:11 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Pasca jatuhnya seorang wisatawan asing, pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen membatasi lokasi berswafoto di beberapa titik yang berisiko. Sebab, seorang turis asal China meninggal dunia setelah jatuh ke jurang saat berfoto di salah satu spot di bibir jurang.

Kepala Pos TWA Ijen Sigit Hariwibowo menegaskan, salah satu titik yang ditutup untuk berswafoto ada di sepanjang jalur Hutan Mati yang panjangnya sekitar 400 meter. Tempat turis yang jatuh ke jurang berada di salah satu titik jalur tersebut.

Jalur Hutan Mati berada di bibir jurang. Kedalaman jurang sekitar 100 meter. Kini, pengelola telah memasang pita pembatas di beberapa spot jalur Hutan Mati. Petugas juga memasang papan imbauan agar wisatawan tak mendekat ke lokasi itu.

"Kami berembuk dengan para pemandu wisata, dan mereka menyetujui bahwa kawasan itu memang rawan sekali. Mereka juga setuju agar jalur itu ditutup sebagai spot berfoto," kata Sigit, Selasa (23/4).

Selain jalur Hutan Mati, petugas juga membatasi aktivitas wisatawan di tempat pemrosesan blue fire. Lokasi ini sebelumnya menjadi salah satu spot foto populer di Kawah Ijen. Pembatasan di lokasi tersebut sudah diterapkan mulai H-5 Lebaran lalu.

Di titik pemrosesan blue fire terdapat pipa-pipa besar yang mengeluarkan panas hingga 300 derajat celcius. Penutupan untuk meminimalisir risiko atas hal-hal yang tak diinginkan.

Menurut Sigit, penutupan titik lokasi foto itu dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Petugas juga belum menentukan apakah spot tersebut bakal ditutup secara permanen.

Rencananya, pengelola akan membahas hal tersebut dalam evaluasi yang akan digelar pada 28-30 April mendatang. Selama evaluasi, TWA Kawah Ijen akan ditutup untuk wisatawan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:01
10:24
12:52
12:57
03:32
01:33
Viral