Peresmian monumen Kri Nanggala 402.
Sumber :
  • Tim tvOne/Zainal Azhari

Monumen KRI Nanggala 402 Diresmikan, Kasal: Mengenang Pratiotisme Prajurit Hiu Kencana

Sabtu, 15 Januari 2022 - 16:05 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI, Yudo Margono, meresmikan monumen KRI Nanggala 402 yang dibangun di lingkungan markas Koarmada II pada Sabtu (15/1/2022) sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan KRI Nanggala 402 yang gugur saat gladi resik untuk latihan penembakan rudal di Selat Bali.

Kehadiran monumen KRI Nanggala 402 diharapkan menjadi ruang memori untuk mengingat kepahlawanan para prajurit Hiu Kencana dan diharapkan dapat menginspirasi semangat juang generasi penerus TNI AL dalam pengabdian pada bangsa dan negara.

Kasal berharap, kehadiran monumen KRI Nanggala 402 di lingkungan Koarmada II akan semakin menguatkan identitas Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

“Monumen KRI Nanggala 402 nantinya akan dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata sejarah, kemaritiman, dan wahan pembentukan karakter sebagi bangsa bahari.” Kata Kasal

Kasal Yudo, memberi apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya pada semua pihak yang menyampaikan simpati dan empati pada keluarga besar dan ahli waris pahlawan KRI Nanggala 402.

Saat pelaksanaan inspeksi Mouseum Kadisjarahal Laksamana Pertama TNI Supardi, selaku ketua panitia pembangunan monumen menjelaskan, jika proses pembangunan monumen KRI Nanggala 402, yang dimulai dari tahap perencanaan konsep hingga pembangunan memakan waktu kurang lebih setahun, yang dimulai pada 3 Juni 2021. 

“ Monumen ini terdiri dari 2 bagian. Outdoor dalam posisi berlayar dan bertempur persiapan melaksanakan Operasi. dan landscape monumen memadukan unsur visual daratan dan perairan yang dikemas secara estetis dan dinamis bermakna simbolis wilayah Nusantara serta wall memorial yang mengabdikan nama-nama pahlawan KRI Nanggala 402. A” ujar Supardi

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral