Warga terdampak, mulai bersihkan material terjangan banjir luapan sungai Cangkah.
Sumber :
  • tvone - wawan s

Warga Mulai Membersihkan Rumah, Pasca-banjir Akibat Luapan Sungai Cangkah di Lumajang

Minggu, 16 Januari 2022 - 10:23 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Untuk kesekian kalinya, banjir akibat luapan Sungai Cangkah di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, meluap ke ruas jalan nasional dan menerjang permukiman warga di sisi timur perbukitan pertapan. Material pasir, lumpur, batu, dan batang kayu, masih menumpuk di sekitar rumah warga.

Terpantau di lokasi, lebih dari 100 unit rumah warga di 3 RT ini, terendam hingga terkubur material vulkanik. Untuk rumah warga di sisi selatan jalan nasional, hingga saat ini masih di biarkan terbengkalai, akibat tebalnya pasir hingga melebihi atap rumah.  Sementara untuk rumah di sisi utara jalan, kini mulai di bersihkan kembali.

Secara bergotong royong dengan menggunakan peralatan seadanya, warga  mulai membersihkan material berupa pasir dan lumpur, yang masuk dan menimbun halaman dan bagian dalam rumah, akibat banjir susulan kemarin.

“Sudah beberapa hari ini, saya secara bergotong royong berusaha membersihkan pasir dan lumpur di dalam rumah, akibat terjangan banjir beberapa waktu lalu, malah banjir susulan datang lagi,” keluh Darmaji salah satu korban, Minggu (16/01/2022).

Akibat banjir susulan yang terjadi kemarin sore, pasir dan lumpur kembali masuk kedalam rumah Darmaji, namun tak seberapa ketebalanya.

Kondisi serupa juga di alami oleh Lastari, yang kini bagian dalam rumah sekaligus tempat usaha warung nasi, masih di penuhi material pasir dan lumpur hingga ketebalan 1 meter lebih.

“Yang bebarapa waktu lalu  saja belum tuntas di bersihkan, malah banjir susulan kembali menerjang sehingga rumah saya kembali di penuhi pasir dan lumpur,” jelas Lastari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral