Walikota Batu Tanam Bibit Pohon di Sungai Brantas.
Sumber :
  • Edy Cahyono

Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Tanam 8.500 Bibit Pohon Dari Hulu Sungai Brantas Cegah Erosi dan Banjir Bandang

Minggu, 16 Januari 2022 - 22:20 WIB

Batu, Jawa Timur - Cegah terjadi banjir bandang dan erosi di wilayah Kota Batu. Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Kota Batu tanam ribuan bibit pohon disejumlah titik termasuk di hulu sungai Brantas dan kawasan wilayah terjadinya banjir bandang pada bulan November 2021 lalu di Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Minggu.

Sebanyak 8500 bibit pohon disebar di wilayah Malang Raya. Untuk Kota Batu, penanaman dilakukan di Hulu Sungai Brantas, Desa Giripurno, Kec Bumiaji , Kel Temas, Kec Batu dan Daerah Aliran Sungai Brantas Kota Batu.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, Dr. Alwi, mengatakan, penanaman ini menjadi salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam.

“Hari ini di Kota Batu kita menanam 5000 bibit. Selain untuk mengedukasi masyarakat untuk menjaga alam, ini adalah aksi nyata untuk mencegah bencana seperti banjir dan tanah longsor,” kata Alwi, Minggu.

Bencana yang terjadi di Kota Batu pada bulan November 2021, meningkatkan kewaspadaan bagi pemerintah dan masyarakat untuk mengembalikan kelestarian alam dan fungsi lahan.

Sementara Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, mengatakan, Jawa Timur khususnya Kota Batu memiliki risiko tinggi bencana banjir dan tanah longsor.

“Dengan menjaga lingkungan, kita menjaga hajat orang banyak. Kita kembalikan alam kita seperti sedia kala, walaupun prosesnya panjang. Saya yakin dengan semangat yang kita miliki, hal itu bisa dilakukan,” ungkap Dewanti.

Aksi jaga kelestarian alam dengan tanam pohon selain dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur juga di ikuti ini oleh jajaran Forkopimda Kota Batu, DWP Dinsos Jatim, Tagana, Pramuka, BPBD, Pelajar dan Komunitas Pecinta Lingkungan di Kota Batu. (edy c/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
00:55
01:06
01:48
01:38
06:57
Viral