Polisi beberkan barang bukti pencurian kabel bawah tanah PT Telkom.
Sumber :
  • Syamsul Huda

Sindikat Pencurian Kabel Bawah Tanah Telkom Ditangkap, Terungkap Penyebab Gangguan Internet di Jawa Timur

Selasa, 18 Januari 2022 - 13:10 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, berhasil membekuk 6 orang sindikat pelaku pencurian kabel fiber optic bawah tanah milik PT Telkom. Aksi pencurian ini berhasil diungkap setelah pelaku melakukan aksi pencruian di kawasan Bundaran Aloha, Sidoarjo, Jawa Timur.

Aksi kejahatan sindikat pencuri kabel bawah tanah PT Telkom ini mengakibatkan gangguan internet di wilayah Jawa Timur.

"Jumlah pelaku sebenarnya ada 7, satu pelaku terpaksa kita ambil tindakan tegas terukur, karena berusaha melawan petugas dengan menabrak mobil petugas, sehingga berhasil dilumpuhkan dengan timah panas dan meninggal dunia," terang Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko, di Gedung Humas Polda Jatim, Selasa (18/1/2022)

Tujuh pelaku, yakni YMS, warga Jakarta Timur yang ditembak mati petugas; QH, warga Kabupaten Bogor dan MS warga Bekasi, Jawa Barat; EB, warga Banjarnegara, Jawa Tengah; serta HS, A, dan YS, warga Lampung.

“Dari hasil analisa petugas, mereka merupakan kelompok Lampung, dan sudah beraksi di beberapa tempat," tambah Gatot.

Berpura-pura Jadi Teknisi Telkom

Modus yang digunakan pelaku saat mencuri kabel adalah berpura-pura sebagai teknisi Telkom. Mereka melengkapi diri dengan berbagai peralatan teknisi, mulai dari papan pengumuman penggalian, rompi khas yang biasa digunakan oleh teknisi Telkom, serta berbagai peralatan potong.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral