Pencuri kotak amal di Banyuwangi tertangkap warga.
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Modus Ikut Salat, Spesialis Pencuri Kotak Amal di Banyuwangi Dihajar Warga

Sabtu, 22 Januari 2022 - 08:01 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Pelaku pencurian kotak amal di Masjid Darul Hidayah, Desa Bagorejo, Kecamatan Srono, Banyuwangi, berhasil disergap warga. Pelaku nyaris babak belur menjadi korban amuk massa. Beruntung, emosi warga berhasil diredam. Pelaku yang bernama Dwi Rubiyanto (37 tahun) asal Desa Kedungrejo, Muncar, Banyuwangi akhirnya diserahkan ke polisi. 

Aksi dramatis penangkapan pelaku kotak amal ini terekam kamera CCTV masjid. Pelaku beraksi Kamis (20/1/2022) dini hari. Dalam aksinya, pelaku menyaru menjadi jemaah, berpura-pura sholat tahajut. Pelaku menggunakan kopiah dan sarung, mengendarai motor. 

Apesnya, usai menguras kotak amal, warga memergokinya. Pelaku panik. Namun, tak bisa kabur. Warga pun berdatangan. Warga yang emosi berusaha menghakimi pelaku.

“Untungnya, polisi segera tiba di lokasi.  Pelaku ternyata residivis kambuhan dalam kasus pencurian," kata Kapolsek Srono AKP Junaidi. 

Kepada penyidik, pelaku mengaku sudah lima kali beraksi menggasak kotak amal. Tersebar di beberapa masjid.  Dari aksi ini, pelaku berhasil menggasak sedikitnya Rp 6 juta. 

Dari pelaku, diamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya, motor yang dipakai beraksi, obeng dan tang untuk mencongkel kotak amal.

"Penyidik masih mengembangkan kasus ini," tegas Kapolsek. (Happy Oktavia/rey) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral