pencuri dorong motor curiannya, terekam cctv.
Sumber :
  • tim tvone - bimbim

Dorong Motor Curian Terekam CCTV, Seorang Pengamen Dihajar Warga

Selasa, 25 Januari 2022 - 18:12 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Banyak cara dilakukan para pelaku kejahatan untuk mengelabuhi warga dan petugas. Seperti yang dilakukan oleh SF, warga Jalan Pogot Jaya ini, yang rela mendorong motor curiannya, agar tak dicurigai. Aksi pencurian motor yang dilakukan di kawasan Kupang Gunung Surabaya ini, terekam CCTV warga.

Tersangka yang juga berporfesi sebagai pengamen ini, memanfaatkannya sebagai modus untuk memantau situasi dan mengincar barang yang akan dicurinya. Namun naas, pelaku tertangkap warga saat kembali ke lokasi pencurian untuk mengamen. Warga yang mengenali tersangka langsung mengamankan dan menghajar pelaku.

“Profesi pengamen ini dijadikan modus oleh pelaku untuk melakukan pencurian di malam hari. Namun, pelaku tak sadar jika aksinya terekam jelas CCTV yang ada di perkampungan tersebut,” terang Kompol A Rizky, Kapolsek Sawahan Surabaya, Selasa (25/1/2022).

Tak seperti pelaku pencurian professional yang kerap menggunakan kunci T untuk membongkar kunci motor agar mesin bisa dihidupkan, pelaku amatiran ini justru rela mendorong motor karena tak bisa menghidupkan mesin motor.

“Motornya saya dorong biar gak terdengar suara knalpot, saya dorong jauh, kalo capek berhenti terus jalan lagi,” kata SF dihadapan awak media.

Untuk menghilangkan jejak, tersangka membawa motor curian ke bengkel untuk membongkar spare part motor. Lalu, hasil curian ini dijual secara terpisah. Tersangka kerap menjual barang-barang tersebut di toko peralatan bekas.

Dari data kepolisian diketahui, tersangka merupakan residivis yang belum genap setahun menghirup udara bebas, dalam kasus dan modus yang sama. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini tersangka ditahan di Mapolsek Sawahan Surabaya. Polisi juga mengamankan barang bukti motor Yamaha Mio biru dengan nopol S-3138-YI. (Syamsul Huda/hen)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral