Suasana pasar ikan Mayangan Probolinggo.
Sumber :
  • tvone - syahwan

Dilanda Cuaca Ekstrem, Harga Ikan Laut di Pasar Mayangan Probolinggo Naik Signifikan

Senin, 31 Januari 2022 - 13:58 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Akibat cuaca ekstrem sejak dua pekan terakhir, membuat para nelayan enggan melaut, sehingga memicu kenaikan harga ikan laut. Seperti harga ikan tongkol dari Rp 20 ribu menjadi Rp 27 ribu perkilogram, di Pasar Ikan Mayangan, Kota Probolinggo, Senin (31/01/2022).

Menurut Rahmat, salah seorang pedagang ikan mengatakan, naiknya harga ikan laut tersebut dikarenakan hantaman cuaca buruk berupa ombak besar, dan angin kencang di kawasan perairan Utara Probolinggo saat ini.

"Ini terjadi sudah sejak beberapa pekan terakhir, karena terjadinya cuaca ekstrem. Para nelayan tak melaut, namun juga ada beberapa nelayan saja yang melaut," ungkap Rahmat.

Sementara itu, harga ikan laut lain yang naik yakni harga ikan mangla, dari Rp 13 ribu menjadi Rp 17 ribu perkilogram, dan harga ikan salem dari Rp 17 ribu menjadi Rp 22 ribu perkilogramnya.

"Rata-rata mengalami kenaikan sepuluh ribu dari harga biasanya, bahkan stok  ikan di pasar saat ini sangat terbatas," kata Sumiyati pedagang ikan di Pasar Ikan Mayangan.

Jika cuaca buruk tak segera mereda, dikhawatirkan stok ikan laut semakin tipis, sehingga akan memicu harga ikan laut bertambah mahal. (M.Syahwan/rey)

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral