Warga menunjukkan abu vulkanik di dedaunan di wilayah Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Senin (28/2/2022)..
Sumber :
  • tim tvOne - WAWAN SUGIARTO

Hujan Abu Vulkanik Kembali Guyur Sebagian Permukiman Lereng Semeru

Senin, 28 Februari 2022 - 12:39 WIB

Lumajang,Jawa Timur,- Hujan abu vulkanik gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, kembali mengguyur sebagian permukiman warga lereng gunung tertinggi di pulau jawa ini, meliputi sebagian kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Hujan abu dengan intensitas ringan hingga sedang ini, terjadi sejak tiga hari terakhir, terutama mulai malam hingga menjelang siang. Salah satu warga dusun Curah Kobokan, Hasyim yang saat ini mengungsi di Desa Kloposawit Candipuro, mengaku merasakan adanya hujan abu sejak tiga hari yang lalu.

“Memang benar, sejak sabtu kemarin hujan abu sangat terasa lumayan  deras mengguyur di sekitar dusun Curah Kobokan, namun di tempat saya menungungsi di desa Kloposawit juga ada hujan abu," kata Hasyim, senin (28/02/2022).

Meskipun intensitasya ringan hingga sedang, dengan terjadinya hujan abu ini sempat membuat warga resah dan cemas. Apalagi, dalam beberapa hari terakhir warga sering mendengar suara gemuruh dari semeru.

“Sebenarnya kami sudah terbiasa dengan kondisi semeru, namun rasa trauma kami belum hilang sejak gunung semeru mengalami erupsi desember lalu . Apalagi, saat ini gunung semeru sering tertutup kabut dan mendung tebal, sehingga warga juga kesulitan melihat kondisi semeru secara jelas,” kata Hasyim.

Masih kata Hasyim, hujan abu yang terjadi dalam beberapa hari ini secara langsung memang belum menganggu aktifitas warga. Sebab, saat ini dusun mereka telah kosong ditinggal mengungsi.

“Semoga tidak terjadi apa-apa,  semeru segera pulih dan normal kondisinya, kami ingin hidup tenang,” pungkas Hasyim.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral