Semeru keluarkan lava pijar.
Sumber :
  • Wawan Sugiarto

Gunung Semeru Kembali Meletus dan Keluarkan Guguran Lava Pijar, Warga Cemas

Selasa, 1 Maret 2022 - 08:59 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Aktivitas Gunung Semeru di Lumajang Jawa hingga saat ini cukup fluktuatif. Letusan dan guguran lava pijar hingga awan panas guguran, juga masih terjadi. 

Meskipun sudah terbiasa dengan kondisi Semeru, Sanhaji, salah satu warga Dusun Sumbersari blok Kamar A Desa Supit Urang, mengaku masih dihinggapi rasa cemas dan trauma akan terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru. Apalagi, dusun ini merupakan dusun terdekat dari puncak Semeru, yang berjarak kurang dari 10 kilometer. 

"Tadi malam bingung gak bisa tidur, sore ada APG (awan panas guguran) dan hujan abu, terus ada guguran lava pijar dan tengah malam ada letusan, ya jadi bingung mau ngungsi atau kemana, " kata Sanhaji, selasa pagi(1/3/2022) 

Untuk mengurangi rasa cemasnya, Cak San panggilan akrabnya berusaha mencari tahu informasi terkait kondisi Gunung Semeru, melalui grup WhatsApp maupun melihat secara langsung tayangan kamera cctv, di pos pantau mandiri tak jauh dari rumahnya. 

Sekitar pukul 1 dinihari, Cak San sempat melihat secara langsung secara jelas terjadinya letusan serta guguran lava pijar yang keluar dari puncak kawah Semeru. 

"Ya terpaksa melekan sampai pagi, takut terjadi apa-apa. Apalagi saya dan keluarga sudah tidak mengungsi lagi sejak satu bulan lalu, tapi kalau kondisinya kurang baik ya terpaksa ngungsi lagi," keluh Cak San. 

Sementara itu, berdasarkan data hasil pengamatan pos pemantauan aktivitas Gunung Api Semeru, Badan Geologi PVMBG periode pengamatan Selasa (1/3/2022) pukul 00.00-06.00 WIB, tercatat secara visual Gunung Semeru terlihat jelas, asap kawah tidak teramati.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral