bus merah putih untuk G20.
Sumber :
  • tim tvone - erfan

Bus Listrik Merah Putih Buatan Anak Negeri, sebagai Transportasi Utama Peserta G20

Jumat, 11 Maret 2022 - 18:38 WIB

Madiun, Jawa Timur - Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan KTT G20 tahun 2022 di Bali bulan November mendatang, PT Industri Kereta Api (INKA Persero) Madiun bersama 100 mahasiswa magang dari 19 perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air, akan merancang dan membangun bus listrik merah putih.

Sesuai rencana, nantinya bus listrik buatan anak negeri tersebut akan digunakan sebagai alat transportasi utama, untuk para peserta saat pelaksanaan KTT G20 di Bali. 

Bertempat di gedung INKA Training Center, di Desa Kuwiran, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jumat (11/3), sebanyak 47 perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di tanah air, mengikuti penerimaan mahasiswa magang secara simbolik yang digelar oleh PT INKA Madiun. 

Budi Noviantoro, Direktur utama PT INKA mengatakan, mahasiswa magang ini merupakan program dari kampus merdeka, kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi dengan PT INKA Persero, dalam rangka mendukung KTT G20 di Bali, melalui bus listrik merah putih produk anak negeri. 

“Program kampus magang ini ada 2 sesi. Jumlah total ada 100 mahasiswa. Setiap sesi sebanyak 50 mahasiswa. Sesi pertama nanti tugasnya mendesain, sesi kedua nanti produksi. Mereka ini berasal dari 19 perguruan tinggi negeri dan swasta se tanah air yang seleksinya di Jakarta melalui kementrian riset dan teknologi,” kata Budi.

Program mahasiswa magang ini, tambah Budi, akan berjalan selama satu tahun ke depan. Jadi masing-masing gelombang akan menjalani magang selama enam bulan. Prosesnya mulai dari nol sampai jalan, bis dicoba sampai dapat sertifikat.

“Jadi progresnya dengan pak dirjen tadi sebanyak lima unit bus nanti disupport oleh temen-temen mahasiswa magang ini dan juga pendanaanya. Kalau yang 10 bus nanti kita bekerja sama dengan DAMRI perwakilan dari kementrian perhubungan. Total 19 unit bus, semuanya digunakan saat pelaksanaan KTT G20 di Bali,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral