Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.
Sumber :
  • Antara

BNPB Berharap Huntara-Huntap Penyintas APG Semeru Siap Ditempati

Jumat, 1 April 2022 - 01:59 WIB

Jakarta, tvOne

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengharapkan hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara) bagi penyintas bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru, Jawa Timur, siap ditempati.

Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis malam, Suharyanto mengharapkan sejumlah unit di lokasi relokasi, Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dapat selesai dengan dilengkapi infrastruktur dan fasilitas, seperti air dan listrik.

Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang memproyeksikan 300 hingga 478 unit yang dapat dirampungkan pada tahap awal ini. "Harapannya sebagian masyarakat dapat dipindahkan di sini (relokasi) target kita paling tidak satu atau dua minggu ini 300-478 keluarga atau mereka yang masih berada di pengungsian," ujar Suharyanto.

BNPB bersama pemerintah daerah menargetkan mereka yang masih berada di pos-pos pengungsian dapat menempati huntap dan huntara pada tahap pertama sebelum lebaran.

Perkembangan per hari ini (31/3) fasilitas listrik telah tersedia dan tinggal menunggu data pelanggan. Pihak PLN akan membutuhkan waktu satu minggu untuk instalasi akhir pada sejumlah unit yang menjadi target tadi.

Sedangkan ketersediaan air, sejumlah titik telah dapat diakses. Pemenuhan target unit huntap dan huntara akan difokuskan pada blok Kamar Kajang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:28
04:58
01:44
02:05
04:10
05:46
Viral